Apa Itu Epoxy

Apa itu Epoxy | Berikut 10+ Kelebihan Dan Kekurangan Bagi Industri

Tahukah anda, apa itu cat epoxy resin – Istilah epoxy resin kini sering diadaptasi untuk berbagai kegunaan yang sangat dibutuhkan oleh industri. Selain itu bahan resin kini juga telah banyak kita temui pada toko-toko lokal. Sebab, dengan harga cat yang sangat terjangkau dan memiliki banyak sekali keunggulan. Membuat polimer yang satu ini menjadi pelapis lantai paling popular di dunia industri.

Namun, dengan seiring banyaknya permintaan dibidang industri. Sehingga membuat cat yang satu ini harus terus dikembangkan supaya bisa memenuhi kebutuhan industri. Berikut ada beberapa pemanfaatan yang kami coba rangkum:

  1. Perekat paling serba guna
  2. Sebagai pengikat mortar dan semen
  3. Memadatkan permukaan berpasir pada pengeboran minyak
  4. Pelapis lantai industri
  5. Encapsulating media And Potting 

Sejarah Tentang Apa Itu Epoxy Resin

apa itu epoxy

Tahukah anda, Jika epoxy ini pertama kali terkenal diwilayah Swiss dan Amerika Serikat sekitar tahun 1930. Namun pada tahun berikutnya dilakukan pengembangan lebih lanjut. Sehingga pada tahun 1947 bahan ini mulai diproduksi sebagai lem atau perekat. Dan pada tahun 1947 bahan ini mulai berkembang menjadi pelapis atau cat yang ramah dengan lingkungan.

Epoxy Resin – Merupakan salah satu jenis resin paling populer yang terbentuk melalui proses polimersasi dari epoksida. Namun untuk menerapkan metode ini terdapat beberapa bahan kimia yang sering kita kenal sebagai bahan hardener atau pengeras.

Selain itu fungsi hardener sendiri adalah  untuk membantu bahan resin supaya lebih cepat kering dan padat. Namun bahan ini akan semakin kuat. Jika terdapat bahan kimia yang tinggi dan suhu tertentu. Hal ini dikarenakan Cat epoxy resin merupakan bahan yang direaksikan supaya menghasilkan panas internal serta mampu membentuk sebuah ikatan molekul yang erat didalam struktur crosslinking polimer.

Berikut Kelebihan Cat Epoxy Resin:

Epoxy resin merupakan polimer termoseting yang mengandung satu atau lebih gugus epoksida. Namun, kimia ini dapat kita sesuaikan untuk menyempurnakan berat molekul seperti yang ada pada persyaratkan oleh penggunaan akhir. Selain itu ada dua jenis utama yaitu, glikidil dan non-glikidil.

Salah satu resin glikidil yang paling umum kita jumpai adalah Bisphenol-A. Namun selain Bisphenol-A terdapat juga jenis resin novolac yang sering kita jumpai di toko-toko sekitar. Berikut ada Beberapa Kelebihan Seputar Epoxy:

  1. Penyusutan rendah ketika proses curing
  2. Tahan akan berbagai kelembaban
  3. Resistensi terhadap bahan kimia yang baik
  4. Sifat anti listrik yang baik
  5. Tahan benturan
  6. Tidak ada kandungan VOC
  7. Umur yang panjang
  8. Memberikan lapisan pelindung yang sangat kokoh.
  9. Pembentuk komponen dan perekat struktural untuk membuat mobil, pesawat, dan kapal.
  10. perekat struktural yang biasa ada pada serat carbon, Kevlar, dan glass.

Kekurangan Epoxy Resin:

kerugian resin epoxy

Cat epoxy merupakan bahan utama yang memiliki sifat adhesi. Namun bahan ini bisa dengan baik melindungi berbagai bahan kayu, logam, kaca, dan beton daripada jenislainnya. Selain itu bahan resin yang satu ini sangat mudah terurai jika terkena sinar matahari. Sehingga jika anda memiliki rencana untuk menggunakan bahan resin pada luar ruangan. Maka sangat penting untuk anda menutup lapisan ini dengan cat pernis.

Berikut 3 Problem Yang Sering Terjadi Dan Mengatasinya:

1. Hasil CampuranTerkadang Lengket

Hal yang satu ini sering terjadi karena ada beberapa kesalahan ketika proses pencampuran. Salah satunya adalah perbandingan antara hardener dan resin yang kurang tepat. Selain itu jika sudah terlanjur maka akan sangat sulit untuk perbaikannya.

Sebab anda harus menghapus semua cat yang sudah anda kerjakan. Namun untuk proses menghapusnya anda dapat melakukan pengamplasan. Namun untuk memperbaiki tampilan tersebut, anda harus menghapus semua lapisan ini menggunakan hardener dan aceton.

2. Terdapat Gelembung Udara

Hal ini umumnya terjadi jika terdapat udara yang terperangkap ketika epoxy resin sudah tercampur dengan hardener. Namun semua ini bisa anda atasi dengan menghilangkan udara sebelum kedua bahan di campur. Sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna dan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

3. Takaran Dan Kandungan Kimia

Pada saat proses curing, resin ini membutuhkan penambahan zat pengawet yang biasa kita kenal sebagai hardener. Mungkin jenis curing agent yang paling umum adalah berbasis amina. Meskipun tidak seperti resin poliester atau ester vinil, ada tambahan katalis kecil (1-3%). Sehingga epoxy resin biasanya membutuhkan penambahan bahan pengawet pada rasio resin dan pengeras yang jauh lebih tinggi, seringkali 1: 1 atau 2: 1.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan keguanaan dari bahan resin ini. Namun apabila anda berencana mengaplikasikan mrtode ini dengan baik, kami menganjurkan untuk menghubungi jasa epoxy lantai saja. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahan ketika mencampur bahan resin dan hardener. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Penjelasan Seputar Epoxy lantai

pengertian tentang apa itu epoxy

Penjelasan singkat tentang Apa itu EPOXY LANTAI –  Merupakan desain interior paling inovatif. Sebab banyak pada restoran, bandar, maupun industri lainnya. Hal ini dikarenakan bahan satu ini bisa memberikan tampilan elegan pada permukaan dan hemat perawatan.

Sehingga banyak yang tertarik dengan bahan yang satu ini dan kemudian diterapkan pada rumah maupun bisnis mereka.

Inilah 4 Sistem Epoxy Lantai Yang Sering Digunakan

harga epoxy lantai murah

1. Self-Leveling

Pertama, Apa itu Epoxy Self-leveling – Metode kebanyakan digunakan pada lantai beton yang baru, lama, retak, maupun rusak. Sebab self leveling mampu menciptakan permukaan lantai tahan lama, halus dan elegan.

Selain itu self-leveling juga memiliki berbagai varian warna. Sehingga mampu membuat desain anda menjadi lebih dekoratif. Namun meskipun sistem ini sering digunakan untuk meningkatkan daya tarik orang sekitar. Metode ini juga bisa tahan abrasi, bahan kimia, maupun masalah lainnya, metode ini tetap bisa diandalkan.

2. Mortar Epoxy

Kedua, Apa itu epoxy mortar – Sistem lantai yang satu ini merupakan yang terkuat. Sebab sistem dibuat menggunakan bahan epoxy dan pasir bergradasi maupun pasir kuarsa. Selain itu sistem ini juga sangat efektif untuk memperbaiki lantai yang retak maupun rusak parah.

3. Quartz Epoxy

Ketiga, Apa itu epoxy quartz – Sistem lantai yang satu ini merupakan gabungan dar epoxt kuarsa dengan resin polimer yang berkinerja tinggi. Sehingga hasilnya dapat menjadikan lantai lebih multi-fungsi dekoratif, tahan slip, dan tahan lama.

4. Epoxy Anti Statis (ESD Resistant Floors)

  • Electro-static charge (ESD) dapat sangat merugikan banyak lingkungan industri. Sebab, setiap tahunnya banyak sekali perusahaan yang mengalami kerugian. Terlebih lagi indusrtri yang bergerak dibidang perakitan elektronik yang mengalami kerugian hingga ratusan juta hingga milliaran. Hal ini dikarenakan oleh kerusakan komponen-komponen Elektronik. 

Namun dengan adanya epoxy anti-statis anda bisa mengurangi kerugian yang disebabkan oleh ESD. Sebab sistem lantai ini mengandung bahan konduktif yang bisa mengakumulasi terjadinya listrik statis. Selain itu kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan metode ini. Terlebih lagi jika lingkungan anda terdapat material atau bahan yang mudah terbakar.

Lalu Apakah Kelebihan Epoxy Lantai Itu?

Lantai epoxy memiliki permukaan yang halus dan mengkilap karena tidak adanya sambungan. Tingkat mirror gloss dapat dipengaruhi oleh aditif. Permukaan mulus mencegah penetrasi dan akumulasi kelembaban, kotoran dan bakteri, dan karenanya lantai ini sering digunakan di rumah sakit dan lembaga medis lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan epoxy lantai:

  1. Mudah dibersihkan. 
  2. Hemat Biaya perawatan.
  3. Tidak bereaksi terhadap Bahan kimia.
  4. Resin epoxy tidak dapat terbakar, dapat digunakan untuk mencapai permukaan non-slip dalam proses penuangan, menyesuaikan tingkat kekasaran.
  5. Bahan ini dapat bertahan lebih dari 30 tahun.
  6. Hampir tidak berbau. 
  7. Kombinasi harga dan kualitas yang optimal.
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *